Start From Begining

Bismillahirrahmanirrahiim, Ba’da tahmid wa sholawat…

Biasanya kita dengar istilah dalam management “Start From The End” , mulailah dari akhir, Kita semua seharusnya telah menetapkan sebuah tujuan yang jelas, apa yang ingin kita dapatkan dalam hidup ini. Baru setelah itu kita menyusun dan merencanakan segala sesuatunya. Sungguh sangat inspiratif.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadits pertama Hadits Arba’in An Nawawi yang lengkapnya sebagai berikut :
Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan. (Riwayat dua imam hadits, Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhori dan Abu Al Husain, Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naishaburi dan kedua kita Shahihnya yang merupakan kitab yang paling shahih yang pernah dikarang).

Perbuatan seseorang nantinya tidak terlepas dari apa yang telah diniatkanya. Walaupun di dunia dia mendapatkan apa yang di tuju dalam visi hidupnya, tetapi jika keliru dalam hal menempatkan niat, maka di akhirat nanti dia tidak akan mendapati kemuliaan atau sesuatu yang bernilai pahala di sisi Allah SWT.

Seseorang bisa saja memiliki visi di dunia sebagai presiden atau kepala negara, kemudian mengerahkan segala daya dan upaya sehingga dia bisa mencapai apa yang dituju, menjadi presiden. Pada saat itulah ketika visi hidupnya sudah digapai, dan ketika dia tidak memiliki dasar landasan niat yang benar, maka dia akan sangat berpotensi untuk merugi. Potensi kerugian pertama adalah kemaksiatan (KKN, dan sejenisnya) atau potensi untuk memperkaya diri beserta keluarganya dengan cara yang tidak benar. Saya yakin keburukan walaupun disimpan serapi apapun suatu saat akan diketahui, tinggal tunggu waktunya. Potensi kerugian kedua adalah kebaikan yang dilakukan tidak mendapat ridho dari Allah SWT. Alangkah malangnya jika kekuasaan dan kebaikan yang begitu besar tapi kelak di hari akhirat tidak mendapat pengakuan atau kemuliaan karena Allah tidak ridho dikarenakan niatnya bukan untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Semua amalnya terbang bagai debu tertiup angin.

Tanpa bermaksud membenturkan atau mencari kekurangan pada ide Start from the end, hanya ingin memberikan ide dengan sudut pandang yang lain, semoga bisa memperkaya wawasan. Dari hadits dan uraian diatas, maka istilah yang tepat menjadi Start form begining, yaitu semua yang kita lakukan akan sangat dipengaruhi niat yang ada didalam benak hati kita.
Prinsip dasarnya sama, semua aktivitas fisik dan pikiran kita digerakan oleh kekuatan visi dalam qolbu. Ketika memasang visi hidup kita dalam qolbu, secara otomatis akan memberikan stimulus kepada fikiran dan fisik kita untuk berpadu menggapai visi yang kita tuju tersebut. Kemudian hasil yang kita dapatkan insyAllah akan selaras dengan apa yang kita niatkan.
Jika niat kita benar, walaupun hasil dari jerih payah kita tidak membuahkan hasil sesuai yang kita harapkan dalam visi keduniaan kita, kita masih punya harapan pahala di sisi Allah SWT. Let’s start from begining…

Satu Tanggapan to “Start From Begining”

  1. Alex L. Setiawan Says:

    setuju pak Bheri .. semua bermula dari Start from Beginning
    niat baik awal dengan hasil tidak memuaskan akan diterima dengan lapang dada..🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: