Perlunya Safety untuk Motor Matic

Hari Minggu pagi, seperti biasa sebelum di pagi hari sebelum kendaraan keluar ada kebiasaan untuk memanaskan motor terlebih dahulu. Saya pernah baca Standard Operating Procedure motor H****, pada saat awal harus di chooke (baca : cuk) kemudian di gas sedang. Kebetulan ada anak saya no dua yang baru kelas 1 SD datang, dan bisa dimanfaatkan. “Sini mas, bantuin pegang gas ya…, Abi mau buka pintu pagar dulu”. Lumayan ada asisten, & win-win solution…🙂

Rupanya pengalaman megangin gas motor memberikan sensasi tersendiri buat anak-anak. Hari berikutnya, ketika giliran istriku manasin motor, langsung saja anaku datang memberi bantuan dengan nge-gas motor. Istriku langsung melarang dengan agak keras nada bicaranya, “Jangan mas, bahaya..!” katanya. Nah ganti anaku yang bingung, kemarin disuruh megangin gas kok sekarang malah gak boleh, gimana sih ?.

Selidik punya selidik ternyata istriku punya pengalaman kurang mengenakan ketika melakukan hal serupa saat memanaskan mesin sepeda motor MATIC di rumah nenek. Waktu itu anaku yang ketiga iseng memainkan gasnya, kontan saja motor MATIC itu melaju dan anaku terjaruh. Alhamdulillah tidak sampai cedera.

Kejadian serupa ternyata menimpa anak TK teman sepermainan anaku. Motor matic berhenti sebentar dalam kondisi anak sedang di dudukan diatas motor, dan orang tuanya ada keperluan lain meninggalkanya sebentar. Tanpa sepengetahuan orang-orang dewasa sekelilingnya rupanya anak tersebut penasaran memegang setir motor, dan juga gas motor tersebut ikut jadi “mainan”, padahal kondisi mesin motor sedang ON. Spontan si Matic laiknya kuda dilecut langsung melompat dengan ditunggangi bocah TK, serta menubruk kerumunan guru dan anak-anak lainya. Alhamdulillah, beruntung tak sampai ada yang luka serius.

Belajar dari pengalaman tersebut, saya ingin menyampaikan saran khususnya perusahaan sepeda motor matic merk apapun. Sebaiknya selain memikirkan kenyamanan, design, serta kinerja mesin, mereka juga harus memikirkan juga SAFETY terutama yang terkait dengan kejadian diatas.

Bagaimanapun saat ini sepeda motor sudah dalam jangkauan anak-anak. Sehingga safety terhadap hal tersebut (jangkauan anak-anak) sudah layak dipikirkan dan direalisasikan. Semoga tulisan ini dibaca oleh pengembang perusahaan sepeda motor matic. Langkah yang bisa kita lakukan sekarang adalah;

  1. Berhati-hati meninggalkan kendaraan bermotor dalam keadaan menyala, terutama jika ada anak-anak disekitarnya.
  2. Untuk sepeda motor matic, ketika berhenti (dipanaskan) upayakan selalu menggunakan standar tengah, sehingga posisi motor tegak sempurna dan ban belakang sebagai penggerak motor dalam posisi tidak menyentuh tanah.

Sebagai penutup, yakinlah bahwa semua yang telah kita upayakan hasilnya terserah kepada Allah SWT, dzat yang maha menghendaki segala sesuatu kejadian. Ya itulah Tawakal, setelah kita mengupayakan pencegahan kita berserah diri kepada NYA atas keselamatan kita dan keluarga.

7 Tanggapan to “Perlunya Safety untuk Motor Matic”

  1. Dwi Wahyudi Says:

    Akhirnya ngeblog lagi bang, welcome back to blogging world.

  2. bheri Says:

    tu.. lah, ternyata ngeblog otak “lebih kepake” hehehe…

  3. Dwi Wahyudi Says:

    Wah, kebetulan saya pake matic juga mas en kebetulan pernah sekali kejadian pada saat manasin motor gasnya keputer jadi tuh motor muter dan akhirnya…. Nyosssss…. betisku melepuh kena knalpotnya. Ampun dah…

  4. stefanus akim Says:

    benar pah bheri, produsen motor metic harus juga memikirkan keamanannya. Bahkan bukan hanya anak2 yang pernah menjadi “korban” karena ketidaktahuan. Seorang anggota polisi juga pernah kena tuh.

    Ceritanya, tahun lalu ada seorang mahasiswi yg jatuh pakai motor metic. Polisi yang bermaksud menolong kemudian mengangkat dan menstater motor. Saat itulah tragedi terjadi, gas ditarik cukup kuat dan si metic melaju dengan kencang. Untung tak kena orang lain dan polisinya juga tak luka.

  5. bheri Says:

    kira2 safety nya seperti apa ya ? apa perlu switch “Gigi Nol”, atau “Park” yang membuat mesin terbebas dari putaran roda. So, ketiga di geber-geber nggak loncat.
    Ada yang punya kenalan bos-nya salah satu motor matic gak ?

  6. Gunha Says:

    Saya juga pernah dengar tuh, namun di matik Honda ngak bakal terjadi karena ada switch pengamannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: