Orang-orang yang berserah diri

MerenungSungguh indah urusan orang mukmin, apabila ditimpa musibah maka ia bersabar dan apabila mendapatkan kenikmatan maka ia bersyukur. Begitulah kurang lebih sabda Nabi SAW yang pernah saya dengar dalam sebuah majelis taklim. Pendek kata, tidak ada yang tidak baik untuk orang yang dekat dengan Tuhanya, orang yang berserah diri kepada Allah SWT.

Sudut pandang yang tepat dalam hal berserah diri ini adalah sebagaimana firman Allah SWT pada surat Ali Imran 159,
Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu (urusan muamalah). Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.
dari ayat tersebut kita bisa memetik hikmah dari konsep berserah diri kepada Allah SWT, sbb:
1. Selain manusia memiliki nafsu, Allah SWT memberi kenikmatan kepada manusia berupa akal, berupa pilihan gerak-langkah dan kerja. Sudah barang tentu apa yang diinginkan manusia harus melalui usaha, kegiatan untuk mencapai dan mendapatkan keinginan.
2. Usaha untuk mendapatkan keinginan, dalam ilmu managemen organisasi haruslah disertai dengan tahap perencanaan, disinilah sebuah perencanaan yg baik muncul dari buah musyawarah baik pula.
3. Setelah rencana disepakati, maka dibuatlah tekad / komitmen bersama untuk melaksanakan kegiatan sesuai rencana tersebut secara bersungguh-sungguh. Bahkan Allah SWT mengisyaratkan perubahan suatu kaum harus disertai dengan keinginan yang kuat dari kaum itu sendiri untuk berubah. Hal ini sekali lagi menunjukan kepada kita, rencana kegiatan yang kita lakukan harus “all out”
4. Setelah semua itu, disinilah konsep “berserah diri kepada Allah” itu diletakan, bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa kepadaNya, ketika semua usaha sudah dilakukan, dalam kondisi hampir final maka saat itulah tawakal harus dikuatkan.

Kisah seorang teman sungguh mengesankan, ketika itu ia sedang dalam kondisi pressure target oleh perusahaan tempat ia menggantungkan jalan rezekinya. Pada saat pressure yang luar biasa, justru saat itulah ia harus melepaskan beberapa anak buah yang selama ini menjadi tulang punggung operasionalnya. Ada yang menarik ketika ia katakan sudah “hilang akal” untuk mencapai target perusahaan dengan kondisi tersebut, justru yang dilakukan adalah mengajak anak buah yang tersisa untuk memperbanyak dzikir setelah sholat, dan banyak memohon ampun kepada Allah SWT. Dampak yang luar biasa memang ketenangan hati dan pikiran, serta komunikasi yang lemah lembut walaupun dalam kondisi panic akibat pressure. Dampak lain yang luar biasa adalah, Allah memberikan rezeki yang tidak disangka-sangka sebelumnya, target perolehan yang selama ini dikejar-kejar, seakan tak mau kompromi, justru disaat itu seolah perolehan itu yang datang sendiri kepadanya. Subhanallah, laa haula wala quwata ilaa biLLAH…

Satu hal lagi, kalaupun setelah bertawakal kepada Allah, ternyata hasilnya tetap tidak baik, jangan jadikan alasan untuk melakukan kecurangan dan tindakan tercela lainya hanya sekedar untuk mendapatkan yang kita inginkan sementara kita menciderai syariat atau sunatullah.
Katakanlah: “Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang berakal, agar kamu mendapat keberuntungan.” (Al Maaidah 10).

3 Tanggapan to “Orang-orang yang berserah diri”

  1. sautparl Says:

    terimakasih masukannya

  2. ahmad Says:

    Urun rembug untuk akhi
    Mohon kolom Ayat Quran Karim diganti judulnya menjadi Terjemah Ayat Quran Karim, karena yang akhi tampilkan hanya terjemahnya saja bukan ayat al-Quran nya
    sukron

    • bheri Says:

      Akhi Ahmad, jazakallah urun rembugnya. sebentar ya, lagi dicari2 cara gantinya. Maklum sudah agak lama gak otak-atik🙂
      Juga sulit utk mencari kalimat supaya tetap 1 baris …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: