Obama di Pilpres AS (Menimbang Pilpres Indonesia ?)

Semenjak perubahan sistem pemilu di Indonesia, sepanjang tahun tidak pernah lengang dengan “huru-hara” pilkada(pemilihan kepala daerah), pilwako(pemilihan walikota), pilgub(pemilihan kepala propinsi / gubernur), sampai pilpres(pemilihan kepala negara/presiden) dan pileg (pemilihan legislatif). Bahkan ada yang mengamati  ujung timur sampai ujung barat Indonesia, tiap pekan ada kampanye dan pemilihan umum.

Karena saking seringnya, akhirnya malah kebal dalam arti banyak yang nggak peduli lagi dengan urusan pemilu. “Neg” dengan janji-janji surga dari para kontestan, juga “neg” dengan berita keributan-kerusuhan-perselisihan dan sebagainya. Padahal harusnya tidak begitu, kita tetap perlu politik, tetap perlu penentuan masa depan negri dari pemimpin yang dipilih. Lepas tangan – golput berarti juga pilihan, tapi pilihan untuk lari dari kenyataan.

Coba kita tengok sebentar sistem pemilu negara yang sudah lebih “dewasa”, USA. Jauh-jauh hari menjelang pilpres, gaung capres sudah tersebar kemana-mana. Bahkan “safari” yang dilakukan capres AS pun tak cukup didalam negeri, Obama pun dituntuk konstituen dan rivalnya untuk kunjungan keluar negeri (ke Timur tengah) dalam rangka kampanye. Akankah cara ini jadi contoh pilpres di Indonesia ? tunggu tanggal mainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: