Merdeka, eh salah – Mengejan atau Mati !!!

Ini bukan lelucon menjelang tujuh belas Agustus – hari kemerdekaan, ternyata pekik kemerdekaan para pejuang tentang pilihan untuk Merdeka atau Mati terjadi di sisi yang lain. Namun pilihanya bukan merdeka vs mati tapi mengejan vs mati, nah ?!!  Ini bukan pula bermaksud untuk membahas hal sepele (atau jorok) tentang proses keluarnya kotoran manusia (wuih, jangan baca saat makan, hehe….😛 )

Kisahnya kira-kira 2 bulan yang lalu, seorang pasien penderita jantung meninggal di rumah sakit ketika berada di WC untuk (maaf) buang air besar/BAB. Ternyata pasien tersebut tidak mengindahkan nasehat dokter untuk tidak “ngeden” atau mengejan ketika BAB. Entah bagaimana hubunganya penyakit jantung yang diderita dengan kegitatan “mengejan”. Sempat googling dan dapat situs Cardiology, beberapa artikel memang menyinggung tentang pengaruh mengejan terhadap kondisi jantung. Jika jantung dan tubuh kita sehat, perubahan situasi atau tekanan jantung tidak akan membahayakan kondisi jantung. Namun ketika jantung kita sedang kritis, maka apapun bisa menjadi fatal jika tidak hati-hati, termasuk mengejan saat BAB, yang konon akibat mengejan dapat mempengaruhi aliran darah di jantung – darah sebelah kanan mengalir ke sebelah kiri serambi jantung, akibatnya bisa stroke ! bisa pula lebih dari itu…

Kebiasaan buruk mengejan ketika BAB tidak hanya berdampak pada jantung, ada hal lain yang lebih populer yaitu berdampak kepada wasir. Bagaimana supaya tidak mengejan saat BAB ? yang jelas faktor kesehatan bahan makanan yang masuk ke perut kita perlu dijaga, harus terpenuhi kebutuhan serat pada makanan kita, lebih afdol serat alami yang banyak terkandung pada sayuran. Selanjutnya adalah, lakukan BAB jika benar-benar sudah kebelet, jangan paksakan diri, kalau memang saatnya keluar – tak akan kemana, hehe jadi sabar menunggu lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: