(Tidak cuma) Teori Survival

Terinspirasi dari banyaknya bencana melanda negeri kita, tiba-tiba terpikir untuk belajar dan ingin mengerti tentang Survival, kalau dengernya ngeri dan sering kali yah, cuma caranya gimana ? suatu saat bisa jadi hal tersebut kita perlukan.

Survival merupakan suatu kesadaran terhadap kondisi gawat darurat atau ancaman yang memerlukan tindakan awal untuk dapat mempertahankan hidupnya dari kondisi tersebut.

Pinjem definisi pendaki error Survival didefinisikan sebagai berikut : Survival adalah suatu tindakan yang paling awal yang dilakukan oleh setiap makhluk yang hidup untuk mempertahankan hidupnya dari berbagai ancaman, survival adalah perjuangan agar tetap hidup.
Umumnya Survival dimaknai kondisi darurat (& sendiri atau terbatas/terisolasi) di alam bebas (hutan, laut, dst) tapi sebetulnya survival bisa juga terjadi di kondisi bencana atau perang (ups.. :0) . Banyak artikel selain punya pendaki error yang menjelaskan seperti apa Survival itu. Hasil googling ketemu juga beberapa yang menarik :

Teknik Survival di Hutan – Mas Tito Sucipto ;  Club Survival Indonesia ; atau artikel berita di temointeraktif ; dst.

BTW, kalau dibaca-baca intinya setelah memahami teorinya hal yang paling penting adalah – kesadaran – pengendalian emosi – dan pengetahuan. Musti dicatat dan diingat, survive kita tentu sangat bergantung kepada yang memberi hidup, ALLAH SWT. Contoh survival paling dahsyat adalah survival yang dilakukan oleh Nabi Nuh Yunus, As – udah dibuang dari perahu ke laut, ditelan ikan raksasa, tapi mampu bertahan. Kuncinya ? ternyata doa serta usaha beliau sampai akhirnya mampu selamat.

Wanna survive ? do it your self, train your self, & the most important pray to GOD to safe your own soul.

7 Tanggapan to “(Tidak cuma) Teori Survival”

  1. Hair Says:

    Oh gitu yach?
    berarti kalo warga jakarta ngungsi termasuk survival juga donk? meskipun itu bencana mereka sendiri yang buat.
    Sory yach kalo ente orang jakarta, gak ada maksud buat menyinggung kok

  2. Freddy Hernawan Says:

    Saya pernah tersesat di hutan kalimantan, saya juga pernah naik gunung merapi jawa tengah, kalau udah melihat keagungan Tuhan itu, siapapun pasti akan otomatis merasakan kekecilannya, dan otomatis juga merasakan kebesaranya-Nya.

  3. bheri Says:

    @Hair: Ya memang itu maksudnya, nggak tersinggung kok, apalagi nggak di Jakarta toh bukan jaminan bebas bencana.

    @Freddy: Wah kalau gitu saya mestinya belajar dari pengalaman Bang Freddy nih🙂

  4. motosuki Says:

    bole ralat ya pak….
    yang dibuang kelaut dan di makan ikan itu nabi yunus a.s.🙂

  5. bheri Says:

    @motosuki : Makasih koreksinya, terlalu semangat (semangat ngawur,🙂 )
    Nabi Nuh kan survival dengan umatnya pake perahu ya ?
    atau lebih dahsyat juga survival model Nabi Musa, pake membelah lautan, subhanaLLah…

  6. pakussubukitbatu Says:

    bung bheri, salam kenalnya saya respon lewat posting ini (maaf memang belom sempat, dan tahapan belajar) seperti yang saya tulis di salam perdana blog saya.🙂

    Oh ya, soal survival,…secara langsung saya belum pernah mengalami, tapi kalo latihan survival pernah, september 2006 yang lalu di markas grup-1 komando pasukan khusus TNI-AD. Wuih,…walaupun hanya 6 hari, benar-benar berat sekali,…walaupun hanya latihan juga dikondisikan kita sangat darurat, tidak ada waktu untuk beristirahat lama. Tidur malam pun harus diganggu oleh latihan dadakan didinginnya malam sebelum subuh.

    Benar sekali kata bang Bheri, semua adalah karena Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, jikalau bukan karena RahmatNya, siapalah kita ini?
    +++febri

  7. oday Says:

    pengumuman yang sangat menggembirakan hari ini bahwa perhimpunan pendaki gunung dan penempuh rimba CROSSER mengadakan pendidikan dasar yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 desember 2008 bertempat di pasir buled daerah lembang dekat gunung palasari dan gunung bukit tunggul,pendaftaran hanya Rp.120 ribu di tutup pada tanggal 15 desember 2008,kepada para penggiat alam bebas yang sangat memahami alam yang kita tempati ini saya mengajak kepada seluruh rekan2 untuk bergabung bersama kami di organisasi pendaki gunung penempuh rimba ini.terima kasih atas perhatian rekan2 sekalian salam rimba.kontak person= oday . 022 91526387 atau saudara koko 081321387023


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: