Climate Change – Ketegasan & Kepedulian (2)

Urgensitas dan PrioritasBahasan lainya yang perlu diperhatikan adalah memilih prioritas masalah-masalah lingkungan yang cepat memberikan dampak positif untuk membuat lingkungan lebih baik, perubahan cuaca global adalah suatu proses yang memerlukan waktu sangat panjang, apalagi untuk mengembalikan kondisi alam. Tapi setidaknya tindakan real bisa dibagi menjadi dua bagian, long term dan short term. Baik long term maupun short term memiliki prioritas masing-masing.

Penghijauan di lingkungan kota dan lahan kritis (masih dilingkungan kota) sering kita jumpai, pertanyaanya bagaimana dengan penghijauan hutan sampai ke pedalaman ? kalau kota sudah hijau, seberapa besar pengaruhnya terhadap pemanasan global, jangan sampai solusi ini hanya jadi kamuflase saja, dikira sudah hijau tapi hanya sampai depan hidung saja. Bagian yang lebih luas dan significant malah tidak tersentuh program.

Urgensitas perlu, keselamatan jiwa manusia pada waktu yang mendesak (short term) perlu segera dilakukan. Misalnya penanaman hutan mangrove untuk mengurangi dampak tsunami. Penanaman lahan kritis rawan longsor, juga perlu. Melindungi lahan serapan air, menjadi solusi untuk mengurangi peluang banjir. Menjaga penghijauan di sekitar mata air juga perlu, agar supply air bersih tetap terjaga. Dan sebagainya.

Satu Tanggapan to “Climate Change – Ketegasan & Kepedulian (2)”

  1. almascatie Says:

    uhmmmm secara teoritas sih sangat indah pak.. tapi sayang kadang yang sudah diterapkan malah dirusak dengan alasan pembangunan
    *jadi inget hilangnya hutan mangrove akibat pembuangan limbah perusahaan ditempat sayah*😦

    *btw salam kenal pak*


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: