Climate Change – Ketegasan & Kepedulian

Blue Forrest

Mencermati isu yang hangat saat ini tentang perubahan cuaca global, dan saat ini (desember 2007) sedang berlangsung Climate Change Conference di Bali – Indonesia. Point-point penting yang bisa dilakukan untuk mendukung pencegahan semakin luasnya kerusakan di bumi yang bisa mengakibatkan perubahan cuaca secara global.

Membangun Kesadaran dan Kepedulian Lebih penting dari (sekedar) Hukum/Undang-undang.

Sambil googling, ternyata ketemu juga perda-perda yang terkait dengan penghijauan atau peraturan terkait dengan lingkungan hidup. Dari aturan menteri kehutanan sampai tingkat propinsi seperti di Jogja, Jabar, dst. ada yang setingkat Kabupaten/kota seperti Brebe, Lampung Utara, Purbalingga, Makassar dst. Intinya secara peraturan perundang-undangan sudah mengarah ke hal tersebut. Masalah kedua adalah peraturan tersebut sejauh mana pelaksanaanya ? Komitmenya apakah bisa dipertahankan. Kita lebih banyak melihat tanah persawahan yang berubah fungsi menjadi perumahan atau tanah perkebunan / rawa menjadi perumahan atau ruko, perkantoran sampai Mall. Dibanding sebaliknya, kita belum pernah mendengar perusahaan atau developer yang kena sanksi / denda karena tidak menerapkan AMDAL atau menimbulkan kerusakan lingkungan.

Jadi, masalah besar yang harus diselesaikan, jika hukum dan aturan tidak memiliki kekuatan atau tidak ditegakan, adalah membangun kepedulian, pemahaman, kesadaran. Gerakan moral itu perlu, karena untuk membangun kesadaran tidaklah mudah. Perlu proses.

Masalah lain, gerakan moral kadang-kadang kental dengan muatan lain yang menunggangi. Misalnya politik, alih-alih membuat gerakan moral tentang penghijauan dan kesadaran lingkungan, tapi lebih besar tujuanya sesaat, karena Tokoh yang mendalangi gerakan moral tersebut sedang punya hajat besar menjadi calon kepala daerah, menjelang Pilkada. Aneh tapi masuk akal🙂 .

to be continue…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: