Muhammad SAW, tetap Nabi Terakhir, Penutup para Nabi

Akhir-akhir ini bermunculan orang-orang (pendusta) yang mengaku dirinya mendapatkan bisikan atau wasiat atau wahyu dari Allah Subhanahu Wata’ala. Sebetulnya bukanlah hal yang aneh, jangankan di jaman sekarang ini, saat Nabi Muhammad SAW masih hidup sudah ada seorang pendusta yang mengaku-aku dirinya sebagai nabi (saingan). Musailamah Al Kadzab namanya, yang akhirnya mati dibunuh oleh Al Wahsy seorang budak sekaligus prajurit bayaran yang pada masa jahiliyahnya kita kenal sebagai pembunuh paman nabi, Hamzah ra.

kaligrafi rasul 

Padahal telah jelas-jelas dinyatakan dalam Al Qur’an surah Al Ahzab 33:49 “…walakin rasuluLLahi wa khotaman nabiyyina wakanaLLahu bikulli syaiin ‘aliima”. Dan terjemahnya sebagai berikut: Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. dan adalah Allah Maha mengetahui segala sesuatu.

Imam Al Qurtubi, dalam tafsirnya menjelaskan bahwa terdapat tiga syariat yang kita perlu perhatikan dalam ayat tersebut; 1. Nabi menikah dengan Zainab (Mantan istri Zaid ra) maka ayat ini turun untuk dijadikan bantah atas tuduhan orang-orang munafik bahwa nabi menikah dengan mantan istri anaknya (Zaid ra, adalah anak angkat/asuh Nabi SAW). 2. Bahwa Nabi SAW adalah nabi terakhir dan tidak ada nabi sesudahnya yang membawa syariat baru. 3. Sriat beliau menyempurnakan akhlaq mulia, perumpamaan Nabi SAW diungkapkan dalam sebuah hadits, beliau dengan para nabi sebelumnya, ibarat sebuah bangunan nan megah, kemudian dikelilinginya bangunan tersebut dan didapati adanya satu batu bata yang kurang sehingga bangunan tersebut kurang sempurna, satu batu bata penutup itulah Nabi Muhammad SAW, sebagai batu terakhir untuk menutup/melengkapi kesempurnaan bangunan (islam) yang indah.

Kehadiran Nabi SAW, Menghapuskan risalah sebelumnya

Kita ketahui Nabi Ibrahim as dan Nabi Musa as, menerima pula syariat /Shuhuf sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran Surah Al A’la 87:14-19. Demikian pula dengan Taurot Nabi Musa as, Zabur yang diterima Nabi Daud as, serta Injil Nabi Isa As. Tetapi semua itu telah berlalu sesuai zaman kenabian para nabi tersebut dan telah ditetapkan Allah untuk digantikan/dihapuskan, sehingga ummat saat ini layaknya hanya berpegang kepada syariat yang dibawa Nabi Muhammad SAW.

Syariat Nabi Muhammad SAW, berlaku untuk semua ummat manusia

Sebagai hikmah atas pengetahuan kita akan ketetapan Allah dalam panetapan hukum bagi setiap umat (Syariat para nabi pada zamanya dan bersama umatnya saat itu, telah dinyatakan oleh Allah SWT disempurnakan dengan hadirnya Nabi Muhammad sebagai penutup para Nabi), oleh karena itu meyakinkan kita bahwa islam syariat yang paling sampurna lagi lengkap dan sangat baik, karena merupakan penyempurna. Sehingga Syariat yang dibawa Nabi Muhammad berlaku untuk umat yang bersama Nabi SAW dan yang hidup setelah itu sampai dengan sekarang dan nanti di akhir zaman.

Ciri khas dari syari’at yang dibawa Nabi SAW adalah Rokhmatan lil ‘alamiin (menjadi rahmat seluruh alam)

Dampak dakwah Nabi SAW, telah merubah peradaban Arab jahiliyah saat itu menjadi peradaban yang mulia. Berubah 180°; dari orang-orang yang melakukan perbuatan syirik menjadi orang-orang yang beriman, dari adat jahiliyah yang menyimpang menjadi peradaban islam yang terang benderang, dan menegakan sebuah system kemasyarakatan dan kenegaraan yang berrdiri diatas tauhid melingkupi seluruh aspek kehidupan (ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, kesehatan, rumah tangga, pendidikan, sampai pertahanan/militer, dst).

Dan yang luar biasa adalah, bahwa syariat ini telah mempersatukan semua ras, suku, dan golongan dibawah system tauhid, dibawah naungan Al Quran & Sunah. Sesuatu yang didambakan masyarakat dunia saat ini.

(Bheri, & dari berbagai sumber)

2 Tanggapan to “Muhammad SAW, tetap Nabi Terakhir, Penutup para Nabi”

  1. iamfemale Says:

    yakin???

  2. bheri Says:

    kurang yakin?, baca lagi – lagi – n – lagi
    kalau masih kurang, bisa ambil referensi blog laen🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: